Tips Dan Cara Murah Menghilangkan Suara Mendecit / Kriiikk… kriikk di CVT Mio

Hallo semua… lama gak ngeblog n  blog walking ehh ternyata ane ketinggalan berita heboh di blog, Ya berita apalagi kalo bukan beritanya si matic keren vario 125 yang demen mengeluarkan suara-suara aneh (baca : ngorok ), kenapa bisa ngorok gitu??? apa sebabnya??? ane gak tau juga  soale belum pernah bongkar mesinnya vario 125 ( jangankan bongkar nyoba motornya az belum :( )

Ok deh kali ini ane gak mau bahas vario 125 yang ngorok tapi mau berbagi sedikit tips murah meriah untuk Yamaha mio yang juga suka mengeluarkan suara-suara aneh di bagian CVT nya. Pasti mas bro pernah menjumpai Mio yang berbunyi ciitt…ciiitt..ciitt..(kayak curut gitu bunyinya :mrgreen: ) atau krrriiiikk….kkriiikk..kriiikk (kayak besi tipis yang bergesekan ) saat Mio berakselerasi? tapi kalo udah jalan suara itu nggak muncul hanya saat akselerasi az munculnya?? Nah suara itulah yang akan kita hilangkan kita?? lu az kalii…

Tips Dan Cara Murah Menghilangkan Suara Mendecit / Kriiikk… kriikk di CVT Mio

Nah suara-suara aneh tersebut ternyata berasal dari bagian CVT nya , lebih tepat nya berasal di bagian rumah kopling ganda ( mangkok ganda ) . Lho kok bisa??? apa sebab nya??? Ya kalo menurut analisa n pengalaman ane entah bener atau nggak, hal itu terjadi karena CVT mio nya sering di pake kerja keras / beban berat sehingga mengakibatkan panas yang berlebih di dalam CVT akibatnya kampas kopling ganda bisa gosong, rumah ganda berubah warna jadi kebiru-biruan bahkan sampe ada yang peyang rumah gandanya, contoh nya motor yg sering melibas tanjakan ekstrim atau sering di pake muatan atau sering melakukan perjalanan jauh/ touring.

Naah kebetulan ada nih temen ane yang beberapa waktu lalu mengeluh kalo Mio nya bunyi ciiitt…ciiiitt..ciiitt..waktu akselerasi,dia bilang biasanya ndak pernah bunyi gitu motornya tapi pas selesai di pake liburan ke daerah Trawas, eh pulangnya langsung bunyi pas akselerasi.Ya udah berhubung ane ini orangnya baik :oops: :lol: jadinya motornya tak minta n tak bawa ke bengkel ( maunya c di benerin dirumah tapi gak punya tool nya :( ) ,setelah nyampe di bengkel langsung az di bongkar dan ceeessss seperti dugaan ane sebelumnya yaitu rumah ganda / mangkok ganda berubah warna jadi kebiru-biruan gara-gara suhu yang terlalu panas yg di akibatkan oleh beban dan gesekan terus-menerus dengan kampas ganda waktu melibas tanjakan.

Solusinya mudah az, pertama lepaskan mangkok ganda lalu bersihkan bagian dalamnya menggunakan ampelas dan jangan lupa sediakan lem besi merk Dextone, lem ini banyak tersedia kok di bengkel-bengkel n toko bangunan n harganya murah sekitar 6 rebuan.



^^nih wujudnya lem Dextone

lem ini terdiri dari 2 bagian yaitu epoxy dan hardener (pengeras) jika sampeyan ingin lemnya cepat kering maka campurkan hardenernya sedikit lebih banyak dari epoxy.



^^tuh kan mangkok gandanya berwarna kebiru-biruan kyak leher knalpot ;)

jika semua bahan sudah tersedia, ambil mangkok ganda n lihat rongga-rongga di sekeliling  mangkok ganda,nah rongga-rongga itulah yang nanti akan kita tutup menggunakan lem besi, Ok segera campurkan lem besi nya antara hardener n epoxy aduk hingga rata lalu teplok kan (aduh bahasa indonesia nya apa ya :???: :roll: ) / oleskan merata hingga rongga-rongga di sekeliling mangkok ganda tertutup semua, n ingat jangan tebal-tebal dan kalo bisa agak cepat ngolesinya soale lem nya cepet banget keringnya ( sekitar 5menit udah kering ).



^^ nih hasilnya setelah seluruh rongganya di tutup pake lem besi

nah kalo sudah diamkan sekitar 15menit hingga lem besi benar-benar kering lalu silahkan pasang kembali mangkok ganda ke tempatnya.Tuh kan murah n gampang kan mas bro :?: . Ok deh mas bro semua sekian tips ini semoga berguna bagi para pengguna Yamaha Mio di seluruh Indonesia ( lebay ), maaf bila langkah-langkahnya kurang jelas n gambar-gambarnya kurang banyak maklum masih newbie.

Bila mas bro punya saran dan kritik silahkan saja di tulis di kolom komentar :D

salam Kenthoet,

Artikel Terkait mio ,Yamaha

Arsip Blog