Dinamo Starter harus Di Sesuaikan Dengan Mesin

Dinamo Starter Koso diandalkan untuk bore-up 150-an cc
Banyak yang tanya ke redaksi ME, soal dinamo starter. Sebenernya peranti itu buat apaan sih dan perlu gak buat skutik kesayangan? Jawabannya, perlu! Terutama kalo motor loe, udah diupgrade lewat cara bore-up (BU), bradsis. Apalagi kalo BU-nya udah gila-gilaan. Misal dari 110 cc jadi 150 cc. Kalo gak pake dinamo starter aftermarket, susah buat starter besutan loe, tuh.


Beragam Merek dan Harga
Dinamo Starter Mitsuba, asli Thailand
Dinamo Starter Mitsuba, asli Thailand

Intinya, dinamo starter itu buat ngebantu saat proses starter besutan yang emang kapasitas mesinnya udah meningkat. Simpelnya gini, karena pada alat ini dilengkapi gigi atau gear yang ngebantu untuk ‘ngegerakin turun atau naiknya piston’. “Biasanya sih, dinamo starter dipake buat skutik-skutik bore-up yang udah gila-gilaan tuh,” bilang Yorry Sumual, mekanik Putra Speed di kawasan Kalibata, Pasar Minggu, Jaksel.  


Dinamo starter RRGS harga terjangkau
Dinamo starter RRGS harga terjangkau

Seiring perkembangan upgrade performa skutik lewat cara bore-up, di pasaran juga banyak tuh, produk dinamo strater aftermarket. Gak cuma mereknya yang beragam, tapi peruntukkannya juga beda-beda.  “Dari yang 150-an cc sampe 300-an cc juga ada. Harganya juga bermacam-macam,” tambah mekanik yang sering oprek-oprek skutik ini sembari bilang, dinamo starter aftermarket dirancang khusus. “Terutama soal ketebalan lilitan kawat tembaga  di dalamnya,” tambahnya. 

Masih kata Yorry, misal ada yang berdiameter 1,5 mm, 1,8 mm dan lainnya. “Tergantung produk dan ya itu, peruntukan motornya, buat dipasang di besutan yang bore-up berapa cc. Karena semakin tebal si kawat atau besar diameternya, tentu akan menghasilkan tegangan semakin besar juga,” jabar pria berperawakan langsing ini. “Oh ya, kualitas kawat yang bagus, juga akan menghasilkan watt gede juga, lo!”

Nah, ada apa aja sih, produk dinamo starter aftermarket di pasaran? “Yang biasanya diandalkan motorexpertiz pencinta skutik bore-up ada produk Koso, RRGS, Mitsuba dan TDR. Kalo secara bentuk, ya mirip. Tapi lagi-lagi soal kualitas, lilitan kawat dan kemasannya yang membedakan. Harganya pun bervariatif dari Rp 500 ribuan sampe Rp 1,7 juta,” info Yorry. 


Sumber : www.motorexpertz.com

Artikel Terkait info