Penyempurnaan Mesin Xeon RC, Aplikasi Teknologi Low Friction

Bukan cuma rangka dan tambah injeksi, Yamaha Xeon RC terbaru juga mengalami beberapa penyempurnaan pada mesin. Hasilnya tenaganya diklaim meningkat, bahan bakarnya juga lebih hemat.

Tenaganya kini ada di 8,4 kW atau sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm. "Ini naik kurang lebih 8 persen dari Xeon terdahulu," jelas Bayu Astyawanto, dari Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sedang konsumsi BBM nya lebih hemat sekitar 20 persen.

Kalau melihat data spesifikasi Honda Vario Techno 125 yang diambil dari website resmi Astra Honda Motor, power Yamaha Xeon RC beda kini jadi beda tipis. Vario Techno 125 powernya ada di 11,3 PS di 8.500 rpm.

Terus apa aja ubahannya? Salah satu yang menjadi konsentrasi Yamaha adalah pada aplikasi teknologi low friction. Seperti pada aplikasi roller rocker arm. Dengan penambahan roller pada rocker arm-nya seperti yang digunakan pada V-Ixion dan Jupiter Z1, gesekan antara rocker arm dan noken as jadi lebih kecil.


Selain itu, teknologi low friction juga bisa dilihat pada sistem kelistrikan tipe AC/DC Open Circuit. "Sama seperti Yamaha New V-Ixion. Memiliki cut off pada sistem pengisiannya, bekerja ketika suplai arus listik ke aki sudah penuh," jelas Bayu.

"Kalau sistem sebelumnya, ketika aki sudah penuh arus listiknya dibuang. Jadi sebenarnya magnet tetap memproduksi arus listrik untuk charging. Tapi kini benar-benar di putus, jadi magnet hanya memproduksi arus untuk lampu. Hal ini menyebabkan putaran magnet tidak terlalu membebani kruk as. Mesin jadi lebih efisien," sambungnya.

Dengan teknologi ini aki jadi lebih awet karena tidak akan mengalami over charging. Dan yang terakhir adalah, minim gesekan dari fuel pump atau pompa bensin yang sudah menggunakan tipe brushless.

"Fuel pump tipe brushless ini juga mampu bekerja dengan arus listrik yang lebih kecil," terang Bayu yang juga mengaku ada perubahan pada kruk as baru Yamaha Xeon RC. "Balancing kruk as-nya diatur ulang, agar lebih sempurna," tutup penggemar olah raga basket ini. 

Sedang teknologi unggulan lainnya seperti DiASil Silinder dan Forged Piston serta radiator juga tetap dipertahankan. Enggak cuma tambah injeksi doang bro!  (motorplus-online.com)

Penulis : Popo | Teks Editor : KR15 | Foto : Popo, Yamaha

Artikel Terkait Xeon

Arsip Blog