Suzuki Takkan Dapat Perlakuan Khusus di Musim 2014

http://tabloidmotorku.blogspot.com/
Rencana Suzuki untuk kembali ke ajang balap MotoGP tahun 2014 mendatang, mungkin akan menjadi obat bagi fans besar bagi manufaktur yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang itu. Meski menjadi kabar positif bagi dunia MotoGP, namun Suzuki tidak akan mendapat perlakuan spesial dari Dorna Sports sebagai promotor di MotoGP.

Dorna tidak akan memberikan ijin bagi Suzuki untuk membawa tim sendiri ke MotoGP. Alasannya sangat jelas, mereka tidak akan melakukan penambahan slot, untuk menjaga semangat tim-tim yang berlaga di MotoGP yang ada sekarang ini. Dengan begitu jika Suzuki memutuskan untuk menarik diri dari MotoGP lagi, tim yang ditinggalkan tetap punya kekuatan untuk bertahan.

“Untuk musim 2014, kami tidak akan menerima tim baru yang akan masuk ke MotoGP. Jika mereka ingin tetap masuk di MotoGP, maka mereka harus bergabung dengan salah satu tim yang ada sekarang. Jadi mereka harus membeli tim itu. Misalnya saja tim Gresini Racing, jadi mereka bisa menggunakan motor Suzuki sehingga tim lain memiliki pilihan untuk menggunakan mesin dari Honda,” jelas Ezpeleta.

“Kami tidak ingin mereka berpartisipasi, namun beberapa musim kemudian mereka kembali menarik diri. Makanya kami ingin mereka menggunakan tim yang ada sekarang, jadi jika mereka menarik diri, tim yang ditinggalkannya tetap berada di MotoGP,” imbuhnya.

Sistem seperti ini, mengadopsi sistem yang berlaku di Formula 1. Jika sebuah tim pabrikan ingin masuk, mereka harus membeli tim yang ada sekarang. Agar tidak ada lagi kasus keluar masuk tim yang tidak jelas.

Sisi positif pemberlakuan sistem tersebut adalah manufaktur yang tertarik untuk masuk ke MotoGP tak lagi harus membeli truk logistik, perlengkapan tim, serta hospitality baru untuk operasional mereka. Jadi dana yang mereka keluarkan alokasinya lebih jelas ke pengembangan motor. (otosport.co.id)

Penulis : Uda | Teks Editor : Uda | Foto : MotoGP

Artikel Terkait moto GP

Arsip Blog