Buat Kopling Manual Di Vega ZR, Tarikan Makin Responsif

Buat Kopling Manual Di Vega ZR, Tarikan Makin Responsif

Buat Kopling Manual Di Vega ZR, Tarikan Makin Responsif
-SUMBER OTOMOTIFNET.COM 
Banyak pemilik Yamaha Vega ZR yang pengin besutannya kian responsif. Caranya, mengubah sistem transmisi otomatis jadi manual (kopling manual). Cuma masalahnya, kuda besi itu menganut teknologi diagfragma. Selain agak ribet bikinnya, juga sering selip.

Apalagi di pasaran juga belum ada kit atau spare-part pendukungnya. Maklum, motor itu terbilang baru! Eh, tapi tenang, hasil penelusuran kami, sudah ada nih yang bisa bikin.

Pertama, sebelum memulai kerja, siapkan dulu, perkakas: obeng kembang, T-8, T-12, ring 10, ring 12 dan ring 21. Oh ya, saat nanti membuka bak kopling, jangan sampai pakingnya rusak. Karena harganya cukup mahal, sekitar Rp 32 ribu.
modifikasi motor racing modifikasi yamaha vixon modifikasi ceper bursa motor Sirkuit Speed City Bali, Mencari Pengganti Sepadan modifikasi motor racing modifikasi yamaha vixon modifikasi ceper bursa motor Honda Supra X125 korek motor biar kencang motor modifikasi motor kencang ninja vs satria balap liar tips biar motor kencang cara mengorek motor cara biar motor kencang mobil terbaru mobil termahal mobil terkencang motor termahal motor terkencang info moto GP tips merawat Jupiter MX dengan praktis & hemat biaya Cara merawat mesin JupiterMX 135cc Tips Perawatan Ringan-Tips Jupiter MX 135LC Pakai CDI Racing Cara mengatasi masalah kopling Jupiter MX Servis Motor: Tips & Trik Jupiter MX YAMAHA JUPITER MX: perawatan mesin Perbedaan Rasa Nyemplak NJMX dengan Jupiter MX lawas Cara bagai mna merawat motor jupiter mx Tarikan berat pada jupiter mx kopling manual Yamaha jupiter mx cw 2009 Cara Perawatan Motor Jupiter MX Kopling Vespa Biar Lebih Enteng Cara Memperbaiki Kopling Vespa Ganti Stut kopling Vespa Resep Otomotif: Tips mengatasi Rumah kopling Oblak Cara Mengatasi Kampas Kopling Macet Cara Memasang Kampas Kopling Motor Bebek
Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3
Sekarang, mulai buka bak kopling. Tapi sebelumnya siapkan wadah untuk menampung olinya. Sementara itu, buka juga footstep dan kick starter, gunakan kunci ring 10 dan 12. Ini untuk memudahkan pekerjaan.

Jika sudah beres, gunakan kunci T-8 buat melepas baut pengunci bak kopling dari asalnya (gbr.1). Setelah copot, bawa bak kopling ke tempat Nana Sudjana pakar di bidang las aluminium di kawasan Asem Reges, Jakpus.

“Gampang kok, memodif bak koplingnya. Selain itu untuk pemakaian harian tak perlu dilas-las lagi pada bagian rumah otomatisnya, ongkosnya juga cukup Rp 400 ribu,” urai Nana yang piawai ngelas aluminium sejak 1990.

Masih ujar Nana, “Terpenting, konstruksi jalur tali koplingnya jangan dibuat tidur. Kalo dibuat rebah pasti gak ada tendangan baliknya dan ujung-ujungnya selip kopling karena konstruksi yang salah. Lalu untuk dudukan aluminiumnya, jangan terlalu besar karena posisi dalam bak yang sempit.

Nah biar si bak kopling bisa duduk manis di tempatnya ada lagi triknya. “Bos pada rumah kopling otomatisnya harus dimodifikasi, digerinda sekitar 1 mm (gbr.2), agar kopling gak selip, apalagi kalau mau kembali ke semula gak repot tinggal tebus kembali bos yang digerinda itu,” tambah Muhammad Amin dari SAM Motor di daerah Pal Batu, Menteng Atas, Jakpus.

Selain itu, “Biar tambah yahud bak kopling yang kena api las dicat ulang sewarna aslinya. Selain itu kampas kopling orisinalnya diganti punya Jupiter MX (gbr.3) harga per lembarnya Rp 70 ribuan. Sebab kampasnya lebar-lebar.

Artikel Terkait vega zr