Yamaha Jupiter MX 135LC, Bore Up dan Stroke Up 215 cc
Modif Yamaha Jupiter MX 135LC, 2006 (Tangerang)
Boring pun ikut diganti pakai punya Honda Tiger. “Supaya piston bisa masuk ke silinder blok,” jelas Kiki Pramono asal bengkel Nusantara Motor di Jl. Ciledug Raya, Gg Langgar, No. 55, Tangerang.
Menggunakan seher dan boring segede itu, dipastikan mengganggu water jacket atau saluran air pendingin. Supaya tetap menggunakan pendingin air, ditutup dan dibikin jalur baru. Masuk dari atas dan keluar dari bawah.
Klep EE dikecilin jadi 26/23 mm, Blok silinder diganjal 6 mm
Jadinya bisa dihitung kapasitas silindernya. Dari diameter seher 66 mm dan stroke 62,7 mm. Volume silinder kini 214,4 cc, atau kalau digenapkan jadi 215 cc.
Abas, panggilan akrab Dedy Wahyudi menggunakan paking tebal dari bahan duralium. “Tebal paking ini 6 mm,” jelas Abas dan Kiki kompak.
Untuk mengimbangi silinder yang sudah bengkak, klep isap dan buang diganti. Pakai yang ukuran payungnya lebih lebar. Dipilih klep yang punya kode EE, aslinya klep ini milik Mitsubishi Lancer. Standarnya klep ini punya ukuran 31 mm untuk klep isap dan 25 mm untuk ex.
Namun dipasang di head MX dibikin kecil. Klep isap dibuat 26 mm dan ex 23 mm. “Pemakain klep EE dirasa lebih kuat karena batangnya 5 mm dan panjang klep bisa diatur dengan cara dibubut,” tambah mekanik yang berbadan subur itu.
Selain itu, pengabut bahan bakar diganti yang lebih gede. Aplikasi karbu Keihin PE 28 yang direamer jadi 31 mm. Diseting dengan aplikasi main-jet 150 dan pilot-jet 58.
Kemudian pengapian dibikin total loss. “Magnet dibubut agar ringan dibikin jadi 750 gram,” jelas Kiki yang biasa dipanggil Kidut Geboy itu.
Untuk mengatur timing pengapian dipilih CDI BRT I-Max. Klop dipadukan dengan koil YZ orisinal. “Selain api pembakaran lebih besar, torsi lebih cepat dan tarikan atas sampai bawah ngisi terus,” tegas Abas.
Pekerjaan terakhir benahi aliran gas buang. Knalpot orisinil diganti. Sebagai gantinya, dipakai jenis model free flow buatan sendiri. “Knalpot sangat berpengaruh pada power mesin. Karena pembuangan akhir mesin yaitu dilubang pembuangan,” tutup Abas yang rambutnya beruban itu. (motorplus-online.com)
Artikel Terkait Jupiter mx ,Yamaha
- 100+ Gambar Modifikasi Motor Yamaha MX Terkeren
- Yamaha Jupiter MX 135LC, Bore Up dan Stroke Up 215 cc
- spesifikasi yamaha jupiter mx 135
- Kumpulan Modifikasi Jupiter MX Terbaru
- Yamaha Jupiter MX 135, Enteng Ladeni Satria F-150!
- New Modifikasi Yamaha Spark 135 cc Thailand Pictures SPORT Motorcycles
- Kumpulan Photo Modifikasi full Motor Yamaha Vega ZR
- Vega ZR, modifikasi dari plek racing ke plek ruji
- Tips Agar Yamaha Scorpio Makin Gesit Diajak Turing Dengan Ban Gambot
- Cara membuat scorpio makin ngacir
- Pencita Nuvo Makin Banyak, Nuvo Baru Akan Muncul
- Modifikasi yamaha byson Mantappp
- Modifikasi yamaha vixion
- yamaha vega ZR jadi yamaha vega RR carburetor beraura yamaha R6 apa sih barunya
- Video menguji kekuatan lampu sein Yamaha X-Ride
- Harga dan Spesifikasi Yamaha X-Ride 2013 Terbaru
- Modifikasi Yamaha Bison
- Kupas Tuntas Persamaan dan Perbedaan Yamaha Force dan Yamaha Jupiter Z1
- Penyempurnaan Vega ZR, Teknologi Yamaha Force
- 35+ Modifikasi Motor Vixion