Benar bro. Saat ini makin banyak bermunculan produk-produk perawatan buat motor. Mulai pembersih rantai, pengkilap cat, mesin, sampai permbersih ban dan pelapis jok. Nah, setiap produk ini mempunyai spesifikasi khusus yang kudu kita pahami kegunaannya. Karena, bila tertukar bisa runyam.
Misalnya; engine cleaner, engine degreaser dan engine flush. "Ya, sama-sama buat mesin. Tapi, kegunaannya sangat bertolak belakang. Engine cleaner cairan berbahan solvent yang diformulasikan khusus untuk membersihkan ruang bakar mesin. Caranya, disemprotkan ke injektor atau karburator,” tegas Antoni Setiadi, pakar kimia dari Tangerang. Cairan ini akan melarutkan kandungan kerak dan karbon akibat sisa pembakaran.
Engine degreaser sebaliknya. Cairan untuk bersihkan kotoran di luar mesin. Kotoran ini biasanya timbul dari oli dan bercampur debu. Lama-lama debu semakin lengket dan susah dibersihkan.
Sedangkan engine flush bekerja di dalam mesin. Berisi deterjen khusus yang mampu membersihkan kotoran di dalam mesin. Caranya, cukup dimasukkan ke mesin melalui lubang oli, lalu motor dihidupkan selama 15 menit. Setelah itu, cairan dibuang lewat pembuangan oli.
Begitupun dengan cairan pengilap yang mengandung silicon. Cairan ini dianggap sakti karena bisa mengilapkan apapun. Mulai bodi motor, cat, pelek, bahkan ban. Harganya pun murah. Bisa dibeli di toko kimia. Seliter cuma Rp 30-40 ribuan. Meski ‘sakti’ bukan berarti cairan ini tak ada pantangannya.
Silicon tak baik digunakan untuk mengilapkan jok motor. Bisa bikin jok motor jadi licin. Ketika sampeyan ngerem mendadak, pantat mudah meluncur ke depan.
"Untuk membersihkan jok, sebaiknya memakai bahan yang berbahan dasar air. Sehingga warnanya tetap terjaga dan tak bikin licin," ujar Dana Iswanto, Brand Manajer MBtech
Artikel Terkait info
- Bursa Knalpot Racing Banyak Pilihan dan Banyak Tipe
- Ngetest Dan Nyoba Kekuatan Diasyl Silinder dan Forged Piston ala Anak Jalanan..!!
- Bursa Gir Set Pabrikan, Harga Tetap Terjangkau lo ...
- Mengenal Gear dan Rantai Motor
- Daftar Harga Spare part dan Suku Cadang Yamaha Terbaru
- Rumah Kopling 6 Pegas Lebih Rata dan Menggigit
- Kumpulan Gambar Motor Ceper
- Dinamo Starter harus Di Sesuaikan Dengan Mesin
- Pahami Dan Tahu dulu Karakter Cairan Pembersih Motor, Jangan Salah
- Alasan kenapa Salah Satu Leher Kruk-as Selalu Terikat
- Pelek Jari-Jari Di Lakban, Biar Lebih Rapat
- CC /RASIO KOMPRESI MOTOR STANDAR
- Mempelajar Soal Bore UP Motor
- Stroke-up??? teknik menaikkan langkah piston….teorinya simpel…prakteknya banyak yang ambyar
- Bikin Kendaraan Bebas Dari Maling Pakai XP Ignition System Anti Theft