Tips Mudah Pasang Handgrip, Pake Angin Kompresor


Banyak jalan menuju Bandung, kalau ke Roma kejauhan bro, mending ke Bandung dulu deh he.. he... Untuk melakukan sesuatu pasti ada jalan. Sama ketika memasang atau melepas handgrip. Pasti harus ngeluarin otot baja dan tulang besi.

Ada banyak cara untuk pasang atau melepas handgrip. Ada yang tempuh  menggunakan oli bekas dan gemuk. Ini niatnya agar terdapat pelumasan saat pemasangan dan mengurangi gesekan yang terjadi, sehingga grip lebih mudah masuk ke setang.

Eits cara itu salah, handgrip bakal terus jadi licin karena pelumasannya akan terperangkap di sela-sela grip. Selain itu penampilan jadi kotor.

Ada cara lebih mudah dan praktis. Memang mesti dilakuin di bengkel sih, karena harus ada angin kompresor. “Selongsong grip saat dimasukkan ke dalam setang bersamaan moncong gun kompresor arahkan ke dalam sela selongsong grip yang terbuat dari karet. Tekan handgrip dan buka angin kompresor bersamaan, sampai handgrip berada diposisi pas,” kata Aries, mekanik Aerospeed sambil memperagakan cara pasang di Yamaha Mio Soul.

Tekanan udara yang disemprotkan kompresor ke sela grip, saat udaranya lewat bisa bikin karet memuai. Ketika memuai sesaat, terdapat ruang untuk grip bisa bergerak masuk atau keluar, sehingga sangat mudah saat memasukkan selongsong grip yang terbuat dari karet tadi.

Dengan hanya menggunakan tekanan udara dari kompresor, pasti enggak menyisakan ampas sedikit pun alias sisa proses pemasangan. Sedangkan menggunkan oli untuk memasukan handgrip, bisa meninggalkan ampas dan pasti hasilnya malah jadi lebih licin. Pilih tempuh cara mana ayo? (motorplus-online.com)

Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Yudi

Artikel Terkait Tips

Arsip Blog